BAB I. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Manajemen,
kata itu sering terdengar di telinga kitadan sering kita gunakan sebagai
istilah pembagi tugas. Tapi apa kaitannya manajemen dengan psikologi? maka
disini kami akan membahas tentang hubungan psikologi dan manajemen juga
membahas sedikit tentang organisasi.
Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud manajemen?
2. Bagaimanamanajemendilakukan?
3. Kapanmanajemendilakukan?
4. Dimanamelakukanmanajemen?
5. Kenapamanajemenperludilakukan?
6. Siapa yang melakukanmanajemen?
Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu :
1.
Untuk
mengetahuiapaitumanajemen
2.
Untukmengetahuitentang POAC
3.
Mengetahuimanfaatdari POAC
BAB II. PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Manajemen
Manajemen
berasal dari bahasa inggris manage yang memiliki arti mengatur,
mengurus, melaksanakan, mengelola.Sedangkanmenurut istilah seperti yang
dilakukan Stoner, manajemen adalahproses perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan penggunaan
sumberdaya organisasilainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan.
Dalamdunia
pendidikan, manajemen lebih ditekankan kepada upaya untukmempergunakan sumber
daya seefektif dan seefisien mungkin.Secara bahasa manajemen berasal dari kata
“to manage” yangartinya mengatur. Secara etimologi manajemen ialah ilmu
dan seni yangmengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber
dayalainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu
dalam sebuah organisasi. Di bawah ini dijelaskan beberapa pendapat yang
menjelaskantentang pengertian manajemen.
1)
Malayu S. P. Hasibuan
Manajemen
adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber
lainnya secara efektifdan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
2)
Arifin Abdurrachman sebagaimana dikutip oleh M. NgalimPurwanto, yang
mengartikan manajemen merupakan kegiatankegiatanuntuk mencapai sasaran-sasaran
dan tujuan pokok yangtelah ditentukan dengan menggunakan orang-orang pelaksana.
Jadi, dalam hal ini kegiatan dalam manajemen terutama adalahmengelola orang-orangnya
sebagai pelaksana.
3)
Henry L. Sisk
Management
is the coordination of all resources through the processes of planning, organizing,
directing, and controlling inorder to attain stated objectives.
(Manajemen
adalah Pengkoordinasian dari semua sumber-sumbermelalui proses yang terdiri
dari perencanaan, pengorganisasian,pemberian bimbingan, dan pengawasan untuk
mencapai tujuanyang telah ditetapkan).Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan
dan pengendalian
inilah
yang kemudian disebut sebagai prinsip-prinsip manajemen.
Sedangkan
Husaini Usman menyimpulkan, esensi pengertianmanajemen dapat dipandang, baik
sebagai proses (fungsi) maupunsebagai tugas (task). Hal ini senada dengan
pendapat Maurice R. Hecht: management is an activity, and if you start by
looking at littlepieces here and there, you can destroy the understanding of
the whole. Artinya, manajemen adalah sebuah aktivitas, dan jika kamu
mulaimelihat kepada potongan-potongan sedikit di sana-sini, kamu
dapatmerusakkan pengertian itu keseluruhannya.Masalah identifikasi dan definisi
manajemen memangmerupakan masalah yang sulit. Banyak penulis menyetujui
bahwamanajemen mencakup berbagai tingkat ketrampilan, tetapi di lain pihakjuga
sikap yang berbeda-beda. T. Hani Handoko menyimpulkan bahwauntuk lebih
memperjelas pengertian manajemen harus dibicarakantopik-topik berikut ini:
a.
Manajemen sebagai ilmu dan seni
b.
Manajemen sebagai profesi
c.
Pengertian-pengertian yang berbeda dengan istilah manajemen,
1)
Manajemen berbeda dengan kewiraswastaan
2)
Manajemen berbeda dengan supervisi
d.
Aplikasi-aplikasi yang berbeda dari istilah manajemen
1)
Pengelompokan pekerjaan. Manajemen dapat berarti suatu kelompok orang yang melaksanakan
tugas-tugas atau fungsifungsimanajerial. Ini digunakan untuk menyebut
seluruhindividu dalam kelompok tersebut secara kolektif.
2)
Seorang individu. Individu yang melaksanakan fungsi-fungsi manajerial atau
bagian dari kelompok secara keseluruhan dapatdisebut bagian manajemen.
3)
Suatu disiplin akademik. Manajemen adalah suatu bidangspesialisasi akademik,
atau suatu bidang studi.
4)
Suatu proses. Manajemen juga merupakan suatu proses, karena mencakup
pelaksanaan suatu rangkaian tipe-tipe khusus kegiatan atau fungsi.
B.
Tujuan
Manajemen
Tujuan
manajemen merupakan suatu yang direalisasikan, menggambarkan cakupan tertentu dan
menyarankan pengarahan kepadausaha seorang manajer. Tujuan ialah yang ingin
direalisasikan olehseseorang.Sedangkan menurut SH Rode dan Voich (1974) tujuan
utama manajemenyaitu produktivitas dan kepuasan.
C.
POAC
Sebagai pemimpin selain harus memiliki karakter
kepemimpinan, juga harus menguasai fungsi-fungsi manajerial. Fungsi manajerial
inilah yang akan membantu pemimpin untuk menjalankan organisasi dalam
pencapaian tujuan organisasi. Perlu diingat bahwa jika seorang pemimpin tidak
memiliki kemampuan manajerial, maka ia hanya akan mampu merumuskan dan
menentukan visi/misi organisasi kedepan, namun tidak mampu untuk menjalankan
seluruh aktivitas organisasi menuju pencapaian visi/misi organisasi tersebut.
Untuk itu sebagai pemimpin mengenal fungsi-fungsi manajerial adalah sangat
penting, karena manajemen merupakan seni dalam pengelolahan organisasi guna
pencapaian tujuan organisasi.
Dalam
proses pelaksanaannya, manajemen mempunyai tugastugas khusus yang harus dilaksanakan.
Tugas-tugas itulah yang biasadisebut sebagai fungsi-fungsi manajemen.Menurut
George R. Terry terdapat 4 fungsi manajemen, yangdalam dunia manajemen dikenal
sebagai POAC yaitu: planning(perencanaan), organizing (pengorganisasian),
actuating (penggerakan ataupengarahan) dan controlling (pengendalian).
Mengapa POAC ? Karena POAC merupakan fungsi manajemen
yang bersifat umum dan meliputi keseluruan proses manajerial. Keempat fungsi
manajemen tersebut dalam manajemen modern tidak berjalan linear, namun spiral.
Hal ini memungkinkan organisasi akan bergerak terus menerus dan tidak berhenti
pada satu tahap. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa siklus manajemen yang
dilakukan oleh suatu organisasi adalah merencanakan, mengorganisasi staf dan
sumber daya yang ada, melaksanakan program kerja, dan mengendalikan
(pengawasan) jalannya pekerjaan. Di dalam tahapan pengendalian dilakukan
evaluasi untuk memperoleh umpan balik (feed back) untuk dasar
perencanaan selanjutnya, atau untuk perencanaan kembali (replanning). Demikian
seterusnya sehingga kegiatan fungsi-fungsi manajemen tersebut merupakan suatu
siklus spiral.
Secara umum dunia manajemen
menggunakan prinsip POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling),
prinsip manajemen ini banyak digunakan oleh organisasi dewasa ini untuk
memajukan dan mengelola organisasi atau perusahaan mereka.
a.
Planning
Yang dimaksud
dengan planning disini adalah rencana awal atau tujuan awal yang jelas. Dalam
perencanaan ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, yaitu harus SMART.
S : Specific, artinya
perencanaan harus jelas maksud maupun ruang lingkupnya. Tidak terlalu melebar
dan terlalu idealis.
M : Measurable, artinya
program kerja atau rencana harus dapat diukur tingkat
keberhasilannya.
A : Achievable, artinya
dapat dicapai, jadi bukan angan-angan.
R : Realistic, artinya
sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Tidak terlalu mudah dan tidak
terlalu sulit, tetapi tetap ada tantangan.
T : Time, artinya ada batas
waktu yang jelas. Mingguan, bulanan, triwulan, semesteran, atau tahunan,
sehingga mudah dinilai dan dievaluasi.
Setelah merencanakan aktivitas organisasi secara
sistematis dan terukur, maka perlu juga melakukan perencanaan penganggaran
untuk pelaksanaan kegiatan. Prinsip dalam melakukan perencanaan
penganggaran,adalah mengunakan segala sumber daya keuangan secara efesien dan
se-efektif mungkin. Hal ini perlu direncanakan secara serius, agar organisasi
tidak melakukan pemborosan, keuangan, selain itu sekaligus juga melihat
sumber-sumber daya keuangan yang bisa diperoleh dari luar organisasi. Dalam
suatu perencanaan ada 5 W dan 1H yaitu: What, where, who, when. why. 3 kegiatan
yang dilakukan didalam perencanaan yaitu:
- Kegiatan pokok apa yang akan dilakuakn secara
langsung dikerjakan pada pencapaian tujuan yang akan dicapai.
- Kegiatan yang menunjang aktivitas yang mendukung
tujuan teersebut.
- Kegiatan Veterial : kegiatan yang tidak menunjang
tetapi tidak sering dihindarkan yaitu: ppl dan pkl.
1. What :
- Apa yang akan dilakukan atau dikerjakan.
- Dana sumber yang didapat.
- Dana apa yang akan dihubungkan.
- Sdm.
- Sarana dan prasarana agar
tercapai.
2. Where:
- Dimana kita melakukan kegiatan.
- Berpegang kepada aspekbilitas ( kemampuan untuk
menyelesaiakan diri ).
- Tersedianya tenaga kerja yang memenuhi berbagai
persyaratan guna menjamin kelancaran tugas.
3. When:
- Kapan kita melakukan tugas.
- Kemampuan untuk mengelola waktu.
- Memilih waktu yang tepat untuk mengisi waktu yang
luang.
4. Who
- Menganalisis kebutuhan tenaga kerja baik
kuantitatif maupun kwlalitatif.
- Pola pembinaan karier.
- Kebijaksanaan didalam pengolahan dan pengajian.
- Metode dan teknik tentang pengadaan tenaga kerja
yang akan dilaksanakan.
5. Why:
- Rencana itu harus mempermudah suatu pekerjaan
sehingga mudah dilaksanakan.
- Rencana itu harus mempunyai rincian yang cermat.
Perencanan
bukan merupakan suatu tindakan melainkan suatu proses. Suatu proses yang masih
mempuyai suatu tindakan –tindakan untuk menuju suatu tujuan. Tidak dibatasi
atas startegi yang akan dilakukan sebelum diambil suatu keputusan karena bisa
saja terjadi perubahan. Contoh: GBHN. Kebijakasanan untuk mencapai tujuan. Ada
dua komponen dalam perencanaan :
1. Perencanan pesimis. Perencanaan yang tidak dapat
dilaksanakan.
2. Perencanan optimis. Terlaksana.
Definisi dan unsur-unsur
perencanaan:
1. Garth N. Jone. Perencanaan adalah : Suatu proses
pemilihan dan pengembangan dari pada tindakan yang paling baik untuk pencapaian
tugas.
2. M. Farland. Perencanan adalah : Suatu fungsi dimana
pimpinan kemungkinan menggunakan sebagian pengaruhnya untuk mengubah daripada
wewenangnya.
Bagian atau unsur –unsur dari
perencanaan:
1. Hasil akhir (The ends). Spesifikasi dari tujuan
atau sasaran yang akan dicapai dan bilamana kit akan mencapai.
2. Alat-alat yaitu : Pemilihan dari
kebijaksaan,startegi, prosedur, dan prakteknya.
3. Sumber yaitu: Meliputi kwantitas mendapatakn dan
mengalokasiakn bermacam macam sumber antara lain tenaga kerja keuangan.
4. Pelakasanan
5. Pengawasan.
Didalam
perencanan ada beberapa tipe:
· Perencanaan strategi plans yaitu: perencanan yang dirancang untuk mrmenuhi tujuan
organisasi yang mengimplemasikan misi yang memberikan alasan yang khas pada
orang.
· Perencanaan operasional yaitu: perencanan yang menguraiakan secara lebih terperinci
bagaimana rencana startegi akan tercapai.
Proses perencanan stategi formal:
1. Pemahaman dan perumusan masalah. Untuk mempermudah
manager untuk mengidenfikasi maka pertama kali :
- Adakan dulu uji coba
secara sistematis hubungan sebab akibat.
- Carilah penyimpangan dan perubahan dari yang
normal.
- Konsultasi atau tanya
jawab pada perusahan.
2. Pengumpulan dan analisa data yang relevan.
Pertama
sekali manager harus mengumpulkan data apa yang diperlukan untuk memutuskan
keputusan apa yang tepat untuk mendapatkan informasi yang tepat.
a. Pengembangan alternatif.
b. Kecendrungan untuk menerima alternatif keputusan
yang pertma kali flexible sering mengidarkan pencapaian yang terbaik untuk
masalah lainya. Pengembangan sejumalh alternatif memungkinkan manager menolak
kecendrungan utuk membuat keputusanyang efektif.
c. Evaluasi alternatif.
Langkah-langkah dalam
membuat perencanaan :
1.
Analisis situasi & identifikasi
masalah
Melakukan analisa dan identifikasi
terhadap situasi organisasi dengan memperhatikan
tujuan organisasi. dalam melakukan
analisa situasi dapat menggunakan teknik analisis
SWOT.
2. Menentukan
skala prioritas
Setelah dianalisa dan
mengidentifikasi masalah, maka perlu dilakukan penentuan
skala prioritas terhadap pelaksanaan
kegiatan. Hal ini agar kebutuhan organisasi yang
mendesak didahulukan untuk menjamin
keberlangsungan organisasi.
3. Menentukan
tujuan program
Agar pelaksanaan seluruh kegiatan
organisasi akan mengarah pada pencapaian tujuan
organisasi, maka dibutuhkan
penentuan tujuan program, sehingga nantinya
pelaksanaan program dapat diukur
capaiannya.
4. Menyusun
rencana kerja operasional (termasuk didalamnya menyusun anggaran).
ApaitufungsiSWOTdalamOrganisasi?
Analisis SWOT
inimerupakansebuah “penyelidikan”
tentangsituasidankondisidalamsuatulingkungan.Contohnyaadalah:
“Ada sebuahorganisasi yang
akanmembuat program kerja, untukitumerekaharustahutentangkondisiorganisasimerekadanlingkungandimanaorganisasiituberada.Untukitumerekamelakukananalisis
SWOT,
Pertama S, yaitudenganmengetahuikekuatanorganisasi –dalamhalini,
kekuatanbisadiartikansebagaikondisi yang menguntungkanuntukorganisasi-
tersebut. Misalnya, pengurus yang setiaterhadaporganisasi, ataukasorganisasi
yang banyak, dll.
Kedua W, yaitudenganmengetahuikelemahanorganisasi –dalamhalini,
kelemahanbisadiartikansebagaisuatukondisi yang merugikanuntukorganisasi-
tersebut. Misalnya, kondisianggota yang tidakaktif, dana yang takada, dll.
Ketiga O, yaitudenganmengetahuikesempatanorganisasi –
dalamhalinibisadiartikansebagaisuatuhal yang
bisamenguntungkanjikadilakukannamunjikatidakdiambilbisamerugikan,
atausebaliknya. Misalnya, sumberdanaadabiladiminta.
Keempat T, yaitudenganmengetahuiancamanorganisasi –
dalamhalinibisadiartikansebagaisuatuhal yang
akanmenghambatataumengancamselamaperjalanankepengurusan. Misalnya,
banyakpengurusdananggota yang tidakaktif.
b.
Organizing
Agar tujuan
tercapai maka dibutuhkan pengorganisasian. Dalam perusahaan biasanya diwujudkan
dalam bentuk bagan organisasi. Yang kemudian di pecah menjadi berbagai jabatan.
Semakin tinggi suatu jabatan biasanya semakin tinggi tugas, tanggung jawab, dan
wewenangnya. Dengan pembagian tugas tersebut maka pekerjaan menjadi ringan.
Berat sama di pikul, ringan sama di jinjing. Disinilah salah satu prinsip dari
manajemen yaitu membagi tugas sesuai dengan keahliannya masing-masing.
Langkah-langkah Pengorganisasian :
- Tujuan organisasi harus dipahami oleh staf.
(Menjelaskan keseluruh staff tentang tujuan organisasi yang harus
dicapai).
- Mendistribusi pekerjaan ke staff secara jelas.
(Mendudukan orang-orang yang berkompetensi pada posisi tepat. Dan jangan
sampai ada posisi strategis yang kosong, karena akan berpengaruh pada
keseluruan pencapaian organisasi).
- Menentukan prosedural staf. (Menentukan cara
kerja dan evaluasi para staff, serta punishment dan reward
yang diterima. Selain itu juga menjelaskan tentang garis koordinasi dan
sinergitas dalam organisasi, sehingga seluruh posisi dipadukan untuk
menuju tujuan organisasi)
- Mendelegasikan wewenang. (Berani untuk
mendelegasikan wewenang sesuai dengan tugas dan fungsi tiap-tiap staff).
c.
Actuating
Perencanaan dan pengorganisasian
yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu
maka dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas, dan kerjasama. Semua sumber daya
manusia yang ada harus dioptimalkan untuk mencapai visi, misi dan program kerja
organisasi. Pelaksanaan kerja harus sejalan dengan rencana kerja yang telah
disusun. Kecuali memang ada hal-hal khusus, sehingga perlu dilakukan
penyesuaian. Setiap SDM harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan perannya
masing-masing.
Dalam mengimplementasikan aktivitas organisasi, pelaku
organisasi harus :
- Merasa yakin dan mampu melakukan suatu pekerjaan,
- Percaya bahwa pekerjaan telah menambahkan nilai
untuk diri mereka sendiri,
- Tidak terbebani oleh masalah pribadi atau tugas
lain yang lebih penting atau mendesak,
- Tugas yang diberikan cukup relevan,
- Hubungan harmonis antar rekan kerja.
Actuating
(penggerakan) meliputi kepemimpinan dan koordinasi. Kepemimpinan yakni gaya
memimpin dari sang pemimpin dalam mengoptimalkan seluruh potensi dan sumber
daya organisasi agar mengarah pada pencapaian tujuan program dan organisasi.
Sedangkan koordinasi yakni suatu aktivitas membawa orang-orang yang terlibat
organisasi ke dalam suasana kerjasama yang harmonis. Dengan adanya
pengoordinasian dapat dihindari kemungkinan terjadinya persaingan yang tidak
sehat dan kesimpangsiuran di dalam bertindak antara orang-orang yang terlibat
dalam mencapai tujuan. Koordinasi ini mengajak semua sumber daya manusia yang
tersedia untuk bekerjasama menuju ke satu arah yang telah ditentukan.
Pekerjaan memimpin meliputi lima
kegiatan yaitu :
- Mengambil keputusan
- Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian
antara pemimpin dan bawahan.
- Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada
bawahan supaya mereka bertindak.
- Memilih orang-orang yang menjadi anggota
kelompoknya secara tepat
- Memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan
agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
Dalam memimpin ada kegiatan direction
(perintah) dan motivasi. Perintah adalah petunjuk atau penjelasan kerja,
serta pertimbangan dan bimbingan, terdapat para pelaku organisasi yang
terlibat, baik secara struktural maupun fungsional, agar pelaksanaan tugas
dapat berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaannya direction (perintah)
seringkali dilakukan bersamaan dengan controlling. Jika perintah yang
disampaikan pemimpin sesuai dengan kemauan dan kemampuan dari staff, maka staff
pun akan termotivasi untuk memberdayakan potensinya dalam melaksanakan kegiatan
organisasi. Sedangkan motivasi dapat dilakukan dengan cara mejadikan staff
sebagai rekan kerja, serta memberikan reward (penghargaan) apabila staff
bekerja secara baik.
Tujuan Actuating (Penggerakan)
adalah :
- Menciptakan kerjasama yang lebih efisien
- Mengembangkan kemampuan & keterampilan staf
- Menumbuhkan rasa memiliki & menyukai
pekerjaan
- Mengusahakan suasana lingkungan kerja yang
meningkatkan motivasi & prestasi kerja staf
- Membuat organisasi berkembang secara dinamis.
d.
Controlling
Agar pekerjaan
berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja maka dibutuhkan
pengontrolan. Baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi hingga audit.
Kata-kata tersebut memang memiliki makna yang berbeda, tapi yang terpenting
adalah bagaimana sejak dini dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi.
Baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pengorganisasian. Sehingga
dengan hal tersebut dapat segera dilakukan koreksi, antisipasi dan
penyesuaian-penyesuaian sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan zaman.
Proses pengawasan sebagai bagian
dari pengendalian akan mencatat perkembangan organisasi kearah tujuan yang
diharapkan dan memungkinkan pemimpin mendeteksi penyimpangan dari perencanaan
tepat pada waktunya untuk mengambil tindakan korektif sebelum terlambat.
Melalui pengawasan yang efektif, terhadap aktivitas organisasi, maka upaya
pengendalian mutu dapat dilaksanakan dengan lebih baik.
Manfaat pengawasan :
- Dapat mengetahui sejauh mana program telah
dilaksanakan
- Dapat mengetahui adanya penyimpangan
- Dapat mengetahui apakah waktu & sumber daya
mencukup
- Dapat mengetahui sebab-sebab terjadinya
penyimpangan
- Dapat mengetahu staff yang perlu diberikan
penghargaan/promosi.
Proses controlling meliputi :
- Menentukan standar yang akan digunakan sebagai
dasar pengendalian,
- Mengukur pelaksanaan atau hasil yang sudah
dicapai dengan melaksanakan evaluasi terhadap kinerja serta kompetensi SDM
yang dimiliki,
- Membandingkan pelaksanaan atau hasil dengan
standar.
Kembali membandingkan hasil pelaksanaan kegiatan
dengan tujuan awal (rencana) kegiatan tersebut dilaksanakan, dan mengukur
capaian keberhasilannya,
- Melakukan tindakan perbaikan.
Jika ada kesalahan atau penyimpangan, segera melakukan
perbaikan,
- Meninjau dan menganalisis ulang rencana.
Kembali membuat rencana baru jika
terjadi penyimpangan. Namun jika hasilnya sesuai dengan tujuan program, maka
perlu dibuatkan rencana lanjutan untuk melanjutkan program yang berhasil
tersebut, sehingga tujuan organisasi semakin dekat untuk dicapai.
Pengawasan dibedakan menurut sifat dan waktunya :
- Preventive control
Pengawasan yang dilakukan sebelum
kegiatan dilaksanakan. Pemimpin mengawasi perencanaan kegiatan yang akan
dilaksanakan hingga persiapan yang dilakukan, termasuk rekruitmen anggota .
- Repressive control
Pengawasan yang dilakukan setelah kegiatan
berlangsung, dengan mengawasi hasil yang dari pelaksanaan kegiatan, serta
evaluasi dan laporan yang didapatkan (melakukan pengukuran capaian hasil).
- Pengawasan saat proses dilakukan
Pengawasan yang dilakukan bersamaan
dengan proses, sehingga langsung mengikuti proses dan mengadakan korkesi jika
ada penyimpangan.
- Pengawasan berkala
Pengawasan yang dilakukan dalam
kurun waktu tertentu berdasarkan kesepakatan (bisa 1 bulan sekali, 2 atau 3
bulan).
- Pengawasan mendadak (sidak)
Pengawasan yang dilaksanakan
mendadak untuk melihat kinerja staff sehari-hari dan menghindari terjadinya
penyimpangan.
- Pengawasan Melekat (waskat)
Pengawasan yang dilakukan secara
dekat terhadap staff, hal ini sering dilakukan untuk tujuan-tujuan yang
spesifik dan bersifat khusus, sehingga menghindarkan sekecil-kecilnya terjadi
penyimpangan atau kesalahan.
Kegiatan-kegiatan yang juga termasuk
dalam kegiatan controlling termasuk adalah evaluasi dan pelaporan.
Evaluasi merupakan suatu penilaian terhadap hasil pelaksanaan kegiatan atau
program. Dalam melakukan evaluasi haruslah menyeluruh, mencakup capaian tujuan
kegiatan, kinerja staff, pengetahuan staff, efektifitas dan efesiensi
penganggaran dan proses kegiatan. Sedangkan pelaporan merupakan penyampaian
perkembangan hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang
berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pemimpin yang lebih tinggi.
Controlling akan
mengarahkan seluruh potensi organisasi yang terlibat agar tidak melakukan
penyimpangan dalam pencapaian tujuan. Untuk itu controlling haruslah
dilakukan secara bertanggung jawab dan dengan standar organisasi, sehingga
pelaku-pelaku organisasi tetap bekerja secara maksimal dan fokus pada
pencapaian tujuan organisasi.
Contoh Studi kasus POAC
Masalah di PT. Rajawali Citra Kencana
Tantangan yang dihadapi oleh kebanyakan perusahaan
adalah bagaimana mengalokasikan biaya overhead grup kepada masing-masing
profit center secara adil. Grup memiliki biaya langsung dan tidak
langsung yang menjadi biaya overhead yang harus dialokasikan ke profit
center di setiap divisi. Biaya overhead group mencakup biaya
administrasi keuangan dan gedung, biaya SDM grup, biaya pemasaran grup, biaya managing
director grup, dan biaya managing director divisi-divisi. Semua
biaya ini merupakan 50% dari overhead keseluruhan. Selain itu, masih ada
biaya overhead dari biaya tidak langsung, seperti biaya sewa gedung,
biaya penerangan, telepon, peralatan kantor, dan biaya operasional langsung.
Pendekatan ini mendorong para manajer profit center
untuk mengkaji kembali laba yang dibuatnya dengan mempertimbangkan biaya overhead
grup yang harus ditanggung. Program imbal jasa dan penghargaan mereka
didasarkan pada pencapaian target laba yang dibuat setelah menanggung overhead
Grup.
Direktur Pemasaran Grup harus mengukur kontribusinya
dan pendapatan yang akan diperolehan dari anggaran promosi Pemasaran Grup.
Pertanyaan yang sama muncul terhadap fungsi Keuangan Grup dan fungsi SDM Grup.
Kombinasi check and balance, bersama dengan transparansi proses,
merupakan bagian dari program pengembangan talenta. Manajer pada profit
center yang ambisius, akan termotivasi untuk menunjukkan kemampuannya
menghasilkan laba yang tinggi, terus mengawasi pengeluaran yang tidak memberi
kontribusi nyata pada laba atau yang mengganggu kemampuannya menghasilkan laba
yang ditargetkan.
Salah satu komentator eksternal berpendapat bahwa
perusahaan tersebut seperti perahu yang 'dapat pergi ke mana saja untuk
mendapatkan uang tanpa membawa beban."
Tantangan serius yang kedua adalah untuk menemukan
keseimbangan antara mental 'robber baron' dengan etos 'good for the
Group'.
Inti dari tantangan ini adalah aspek tersembunyi lain
dari strategi manajemen talenta, yaitu mendapatkan dan mengembangkan karyawan
yang berkinerja tinggi.
Pada level profit
center, manajer pusat laba berupaya menarik dan mempertahankan orang-orang yang memiliki kemampuan tinggi untuk menghasilkan laba. Semangat tim yang kuat ditumbuhkan dan dikembangkan, dan jika tim berhasil mencapai target, semangat kerja menjadi tinggi dan etos kerja berkembang.
center, manajer pusat laba berupaya menarik dan mempertahankan orang-orang yang memiliki kemampuan tinggi untuk menghasilkan laba. Semangat tim yang kuat ditumbuhkan dan dikembangkan, dan jika tim berhasil mencapai target, semangat kerja menjadi tinggi dan etos kerja berkembang.
Meskipun semangat dan etos kerja ini diharapkan, ada
juga sisi negatifnya. Salah satunya adalah 'nuansa perang' di mana unit laba
yang satu dengan yang lain akan berkompetisi dalam bisnis yang sama.
Seringkali, hal ini membuat pelanggan menjadi bingung (karena diperebutkan oleh
profit center-profit center) dan menjadi kelemahan Grup secara
keseluruhan.
Secara teori, salah satu peran Managing Director
Divisi adalah mengarbitrase persaingan antar pusat laba, dan memutuskan
batas-batas wilayah masing-masing unit laba. Masalah klasiknya adalah prospek
atau pelanggan yang beroperasi di suatu wilayah, tetapi memiliki unit-unit di
wilayah lain yang menjadi 'wilayah kekuasaan' dari pusat-pusat laba yang
berbeda-beda dari Grup.
Dampak negatif kedua adalah tumbuhnya sikap 'kerajaan
saya' yang menjadikan sumber daya pada pusat laba bersifat eksklusif, tidak
boleh digunakan oleh pusat laba atau bagian lain. Masalah muncul ketika suatu
unit laba kapasitasnya sedang 'berlebih', sementara pusat laba lain sedang
'kekurangan'. Memang ini merupakan bagian dari siklus bisnis, tetapi sangat
mengganggu kinerja bisnis Grup secara keseluruhan apabila antar pusat laba
tidak dapat berbagi sumber daya. Kondisi ini diatasi dengan model pembebanan
antar unit.
Semua isu ini menjadi bagian dari bahan budaya
perusahaan dan konsep yang mendasarinya membentuk bagian yang penting proses
induksi bagi karyawan baru. Etos untuk fokus pada pencapaian laba perusahaan
ini merupakan unsur integral dalam struktur organisasi yang tercermin dan
didukung oleh etos fokus laba.
Masalah utamanya adalah komunikasi strategi sebagai
falsafah operasional. Hal ini dipecahkan melalui kombinasi struktur, proses dan
pengembangan diri. Cara bagaimana menangani masalah tersebut dijelaskan di
bawah ini.
Solusi
Dari kasus diatas, kami berpendapat bahwa solusi yang
baik adalah pengembangan di sektor karyawan perusahaan tersebut. Bagi karyawan
yang baru direkrut sebaiknya diberi pelatihan teknis sebelum mereka diberi
tanggung jawab. Ketika masa pelatihan harus dapat dipastikan mereka dapat
mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin sehingga dapat meminimalisasi kesalahan
dan kerugian bagi perusahaan. Apabila mereka sudah dianggap sanggup bertanggung
jawab, saat itulah pimpinan dapat menguji mereka dengan memberi tugas yang lebih
berbobot. Mereka berhak mendapat keistimewaan itu setelah mendapat pelatihan.
Selain itu, hal tersebut juga dapat mengembangkan diri mereka kearah yang lebih
maju. Jika mereka telah menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik, barulah
pimpinan dapat memberi mereka tanggung jawab yang lebih eksekutif. Pelatihan
teknis sebelum memulai bekerja sangat penting untuk dapat memastikan apakah
para karyawan bisa menghasilkan laba bagi perusahaan atau tidak. Tidak kalah
penting juga, pelatihan semacam itu untuk membekali karyawan dengan pengetahuan
yang intelektual yang tentu saja bisa memberi nilai plus bagi klien
perusahaan.
No comments:
Post a Comment